Rabu, 24 Juni 2015

Masalah Desa


Setelah saya mengunjungi desa ini,saya melihat ada sedikit masalah di bidang perikanan,yaitu pada sektor pengolahan pembersihan ikannya,pengolahan ikan, dan banyak warga di desa ini yg berkerja sebagai pembudidaya ikan pangan/konsumsi.

pada saat warga memanen ikan budidaya mereka untuk dijual dalam kondisi mati atau siap di olah untuk menjadi makanan,warga pembudidaya didesa ini tidak memperdulikan limbah sisik ikan yang dia bersihkan,mereka hanya membersihkan sisiknya lalu sisik itu di buang begitu saja, padahal sisik ikan sangat bermanfaat untuk pembutan tepung sebagai bahan campuran kosmetik.













maka dari itu saya dan rekan saya memberikan solusi kepada warga pembudidaya agar sisik ikan yang mereka bersihkan sebenarnya bisa di manfaatkan,di desa ini saya dan rekan saya memberikan solusi untuk membuatkan sebuah alat untuk mengolah limbah sisik ikan tersebut.



disini saya akan membuatkan sebah alat untuk mempercepat proses pembersihan sisik ikan secara otomatis,serta dapat terkumpul disuatu wadah agar sisik ikan tersebut tidak berceceran atau terbuang begitu saja. Dan juga ada satu sebagai pengolahan limbah sisik ikan tersebut agar bisa menjadi bahan mentah untuk pembuatan kosmetik dalam bentuk tepung(halus).

Selain itu saya dan rekan saya melihat potensi hasil ikan di desa ini cukup besar,namun di desa ini tidak dapat mengolah hasil budidaya ikan menjadi sesuatu yg bernilai jual lebih tinggi daripada langsung menjual ikan dalam keadaan mentah. maka dari itu saya dan rekan saya ingin meningkatkan perekonomian dari desa tersebut dengan cara mengolah ikan yang telah dibersihkan sisiknya untuk diolah menjadi makanan siap saji yaitu abon ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar